Yesterday Beatles

Rabu, 27 Mei 2009

Four in One Management System

Perusahaan yang going concern dengan sistem manajemen bisa memadukan 4 sistem tersertifikat yaitu ISO 9001 versi 2008 , SMK3 berdasarkan Permenaker 5 tahun 1996 , OHSAS 18001 versi 2007 , dan ISO 14001 versi tahun 2004. Dalam tulisan ini dibahas tentang bagaimana kita menyusun dokumentasi terintegrasi untuk 4 sistem manajemen ini..



Pada umumnya kita yang tidak terbiasa bekerja secara tertib sebagaimana yang terjadi dibanyak perusahaan atau instansi melihat Sistem Manajemen menjadi suatu beban yang merepotkan.


Seperti misalnya Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 yang diback up dengan ISO 9004 sebagai latar belakang ilmunya , merupakan suatu sistem yang sangat mendasar yang mestinya bisa kita terapkan secara konsekwen. Perusahaan atau intansi yang tidak bisa menerapkan ISO 9001 menjadi indikasi adanya kesulitan untuk meningkatkan kinerja dengan konsep manajemen yang lebih canggih.


Banyak yang beralasan bahwa sistem dibuat untuk memudahkan pekerjaan , jadi apabila sistem menimbulkan kesulitan untuk bekerja berarti tidak menjawab persoalan. Atau memecahkan persoalan dengan persoalan baru demikian pendapat banyak orang.


Namun saya sendiri cenderung berpendapat bahwa apabila kita tidak bisa menerapkan sistem atau apabila kita kesulitan menjalankan suatu sistem , itu menurut saya bukan sistem menghalangi pekerjaan tetapi suatu indikasi bahwa kita tidak bisa bekerja dengan baik.


Barangkali sudah wajar bahwa untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik diperlukan sumber daya input yang lebih baik serta proses yang tentunya juga lebih baik yang jelas lebih sulit.


Disisi lain terbukti bahwa Implementasi sistem mepersyaratkan kombinasi top down dan bottom up process. Jadi tanpa komitmen dari manajemen terkait maka sulit bagi suatu sistem untuk bisa berjalan dengan baik.>

Tidak ada komentar: