Yesterday Beatles

Sabtu, 14 Januari 2012

Cara Membangun Sistem dalam organisasi atau perusahaan

Banyak ulasan tentang ketidakberhasilan suatu organisasi , instansi atau perusahaan umumnya karena tidak memiliki sistem yang baku. Sebetulnya membangun sistem kalau mau dikatakan sulit ya tidak terlalu sulit sekali , walaupun tidak bisa dikatakan mudah. Yang bisa membangun Sistem adalah orang-orang yang terlibat dalam organisasi atau instansi itu sendiri yang memiliki pemahaman atau informasi tentang apa yang ada didalam organisasi itu sendiri. Memang yang menjadi masalah adalah bahwa apabila yang membangun sistem adalah orang dalam maka akan sulit menghindari conflict of interest , oleh karena itu diperlukan pihak luar misalnya konsultan untuk membantu menyusun sistem. Namun Konsultan hanya menyediakan framework , isi framework hanya bisa dibuat apabila Konsultan telah memiliki pemahaman komprehensif tentang apa yang berlangsung didalam suatu organisasi , instansi atau perusahaan yang dibantu. Namun demikian , pengalaman saya membuktikan bahwa Sistem yang dibangun oleh orang dalam akan banyak mendapatkan penolakan-penolakan oleh orang dalam itu sendiri. Sebetulnya sudah banyak konsep manajemen yang berstandar internasional yang bisa kita gunakan sebagai acuan , katakan misalnya Sistem manajemen Mutu ISO 9001:2008 , Konsep Balanced Scorecard , pendekatan Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence dan lain-lain. Bagaimanapaun juga kita perlu membuat sistem agar organisasi kita berjalan melalui track yang benar tidak asal-asalan.

Tidak ada komentar: